Sabtu, 15 Desember 2012

Dampak Penggunaan RiceCooker



Rice Cooker atau Magic Jar  Yang Makin Canggih

Rice cooker alias penanak nasi kini jadi bagian gaya hidup. Bukan hanya untuk orang Asia tetapi hampir semua orang di dunia. Dengan alat ini menanak nasi terasa lebih mudah dan praktis serta higienis. Model dan fungsinya juga makin beragam.

Jika dulu rice cooker hanya digunakan sebagai penanak nasi dan penghangat, kini fungsinya mulai berkembang. Dapat menghangatkan lauk, mengukus dan membuat bubur. Biasanya rice cooker dilengkapi dengan fitur seperti slow cook, quick coock, keep warm, steam tray, delay timer, dan logic smart.

Rice cooker juga mempunyai beberapa jenis, seperti pot style dan cool touch. Rice cooker jenis pot style biasanya mudah dioperasikan. Jenis ini juga tersedia dalam beberapa ukuran yaitu dari 3 sampai 30 gelas beras. Panci bagian dalamnya dapat dilepas. Rice cooker jenis ini dapat memasak secara otomatis dan berhenti ketika nasi matang.

Sedangkan cool touch rice cooker memiliki tutup berengsel sehingga bisa menjaga uap air dan kelembapan. Jenis tersebut berukuran 4 hingga 10 gelas beras. Metode memasaknya sama seperti jenis pot style. Kecuali panci bagian dalam yang tidak dapat dilepas tetapi akan tetap dingin jika dipegang selama proses memasak.

Kebanyakan orang sering menyebut rice cooker dengan magic com atau magic jar. Pada dasarnya kedua alat tersebut mempunyai fungsi yang sama, yaitu memasak dan menghangatkan nasi. Bedanya, rice cooker penanak nasi dengan panci dalam tanpa dilapisi anti lengket, dengan kata lain nasi dapat lengket. Sedangkan magic com, dilapisi bahan anti lengket. Selain itu rice cooker mampu menghangatkan nasi sampai 24 jam, sedangakan magic com atau magic jar hingga 48 jam.
Pada dasarnya peralatan ini terdiri dari bagian pokok :
Pan bagian dalam
untuk menempatkan beras yang akan ditanak, terbuat dari logam/aluminiumnya yang dilapisi bahan anti lengket.

Elemen pemanas
Pada rice cooker tertentu pemanas ini dililitkan pada bagian samping pan bagian dalam. Untuk jenis seperti ini, apabila elemen rusak dapat diperbaiki. Namun pada kebanyakanrice cooker yang diperdagangkan sekarang (seperti contoh gambar 3-1) elemen pemanas ditempatkan dalam bagian/pipa yang solid/permanen, sehingga bila rusak sukar diperbaiki.

Rumah bagian luar (out case)
 sebagai pelindung dari pan bagian dalam dan  elemen. Pada bagian ini biasanya terdapat saklar dan terminal untuk kabel tenaga. Saklar  umumnya mempunyai 2 kedudukan yaitu kedudukan cooking dan warm.

Kabel tenaga
Kabel ini biasanya terdiri dari tusuk kontak untuk ke sumber listrik dan kontra steker untuk  keterminal pada peralatan. Bila peralatan tidak dipakai, kabel dapat dilepas dan disimpan terpisah.
Tutup
Kebanyakan rice cooker mempunyai dua buah tutup yaitu satu tutup untuk pan bagian dalam dan satu lagi tutup bagian atas yang dilengkapi dengan klem.




Dampak Terhadap Pengguaan RiceCooker

Memang memasak dengan Magic com atau magic jar atau Rice cooker lebih hemat, sederhana dan cepat hanya dalam waktu 30 menit beras sudah jadi nasi. Akan tetapi,  karena proses pemanasannya dengan elemen listrik pemanas dalam wadah tertutup rapat dan hanya diberi sedikit lubang uap (pemanasan secara steem), maka pemanasan dengan Magic com temperaturnya akan jauh lebih tinggi dari memasak nasi seperti biasa (ditanak dahulu baru dikukus). Apalagi bahan pelapis anti lengket berwarna abu-abu dalam pancinya apabila terkelupas dan menyatu dengan nasi, akan berbahaya juga bagi kesehatan kita. Bila anda masih ingin tetap memakainya, lapisan panci tersebut anda gosok saja dengan kertas pasir yang agak halus sehingga alumuniumnya terlihat sampai putih bersih.
Dampak dari penanakan nasi dengan Magic com dalam temperatur yang tinggi adalah, zat carbohydrat dalam nasi yang dipanaskan dalam temperatur tinggi, apabila dikonsumsi akan terjadi dalam tubuh kita suatu jumlah zat gula/kadar gula yang lebih tinggi dari cara penanakan-pengukusan dengan pembuatan nasi biasa secara alat dandang.
Untuk pembuatan tape (fermentasi carbohydrat) pemasakan dengan temperatur tinggi akan lebih memperkuat rasa manis tape yang kita buat dibandingkan dengan pengukusan biasa.
Dari beberapa penelitian kandungan gula dalam darah keluarga yang menggunakan Magic com, Magic jar atau Rice cooker untuk membuat nasi, zat gula/kadar gula dalam tubuh mereka lebih tinggi dibandingkan dari pada sebelum menggunakan Magic com yaitu dengan menanak-mengukus seperti biasa. Gejala anak muda dan remaja yang banyak terkena penyakit gula (Diabetes Mellitus) adalah dampak dari budaya penggunaaan Magic com/Rice Cooker selama ini dalam nasi keluarga.
Umumnya saat ini pada keluarga yang berbakat terkena Diabetes Mellitus dan tahu bahayanya alat magic jar, mereka sudah kembali beralih menghadirkan nasi dengan cara menanak, mengukus seperti bisanya dulu sebelum ada Magic jar, magic com atau rice cooker


Dampak Antilengket
Meskipun antilengket dalam ricecooker memberikan kemudahan dalam  memasak, penggunaan yang salah dapat berakibat pada kesehatan keluarga dan lingkungan. PTFE (polytetrafluoroethylene) atau lapisan antilengket banyak digunakan pada peralatan rumah tangga sehari-hari, seperti penggorengan, kuali, penanak nasi listrik dan setrika.


Lembaga Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (US EPA) meminta delapan perusahaan Amerika yang menggunakan dan memproduksi antilengket untuk mengeliminasi PFQA hingga 2015. Dupont, perusahaan terbesar yang memproduksi teflon dan peralatan masak modern, juga diminta untuk mengeliminasi penggunaan lapisan antilengket. Adapun penggunaan bahan antilengket berguna untuk mengurangi penggunaan minyak goreng atau margarin yang berlemak tinggi. Selain itu, antilengket digunakan agar peralatan memasak mudah dibersihkan.
Bahaya penggunaan antilengket di Indonesia umumnya karena antilengket mudah tergores dan terkelupas ini apabila tercampur pada makanan sangat berbahaya. Zat kimia pada lapisan antilengket mengandung berbagai logam yang berbahaya seperti mercury dan zat PFOA yang mengandung karsinogen.
Bahaya penggunaan antilengket di Indonesia umumnya karena antilengket mudah tergores dan terkelupas. Lapisan antilengket yang terkelupas sering tidak kita sadari. Antilengket umumnya terdapat pada panci rice cooker. Tiap hari kita menggunakannya. Kita kurang memperhatikan panci rice cookerdibandingkan dengan penggorengan. Rice cooker sekarang merupakan alat masak yang wajib ada di dapur. Apabila beras bercampur dengan air yang terkontaminasi zat dari lapisan antilengket yang terkelupas akan menjadi satu dalam proses memasak. Akibatnya, nasi yang bercampur antilengket itu dimakan oleh keluarga setiap, minimal 2 kali sehari.
Demikian juga pada penggorengan dan kuali. Meskipun mungkin tidak tiap hari dipakai namun tingkat kemungkinan bahayanya sama dengan penggunaan pada Rice cookeer. Langkah yang dapat kita lakukan memberikan informasi yang benar pada masyarakat tentang bahayanya antilengket yang terkelupas apabila digunakan untuk masak.
Dalam proses produksinya, lapisan antilengket menggunakan Perfluorooctanoic acid (PFOA) atau Ammonium Perfluorooctanoate (APFO) atau juga sering disebut C-8. Proses produksinya menyebabkan terjadinya polusi yang dapat merusak lingkungan, bahkan membunuh satwa seperti burung. Hasil penelitian dari US EPA (Lembaga Perlindungan Lingkungan Amerika, 09 Juli 2004), dan juga Canada Cancer Society menyebutkan:
- Lapisan antilengket yang terbuat dari PTFE (polytetrafluoroethylene) apabila dipanaskan lebih dari 300 derajat Celsius akan melepaskan zat-zat berbahaya terhadap kesehatan yang dapat membunuh seekor burung.
- Bahwa zat kimia/metal yang terkandung dalam lapisan antilengket adalah perfluorooctanoic acid (PFDA). Apabila di makan sangat berbahaya karena bersifat karsinogen yang dipercaya oleh US EPA dapat menyebabkan kanker.
- Menyebabkan sulit kelahiran dan mengurangi system kekebalan pada hewan. Karena itu, dianjurkan bagi Anda untuk memperhatikan peralatan memasak yang sehari-hari digunakan. Jangan biarkan ada di antara peralatan memasak yang membahayakan kesehatan dan keselamatan hidup Anda. Sebaiknya menggunakan peralatan masak yang food grade. Lebih aman bagi kesehatan dan aman bagi keluarga kita. Mari selamatkan keluarga dan kesehatan generasi muda Indonesia.



Sekian pembahasan kita tentang dampak Ricecooker apabila ada kekurangan mohon dimaafkan:)

4 komentar:

  1. thanks a lot info-nya, jadi lebih tau dampak buruknya penggunaan alat2 ini yg sering digunakan sehari2 :(

    BalasHapus
  2. Thanks infonya ngebantu banget buat bahan UAS :)

    BalasHapus
  3. mohon maaf, bisakah anda mencantumkan pustaka yang menjadi acuhan anda mengenahi hal tersebut? karena postingan anda sangat merugikan kami para penjual ricecooker. terimakasih

    BalasHapus